Pemandangan Asri dari Puncak Gunung Lanang; Wisata Baru di Kulon Progo

Jadi ceritanya Rabu kemarin aku one day trip ke Moyudan, bolak-balik, karena emang cuma mau nganter titipan ke ponakan yang di pondok. Berangkat dari Kutoarjo jam 8 pagi. Di perbatasan Wates ada cegatan di satu sisi jalan ke arah Purworejo. Meaning…nanti aku baliknya pasti kena. Fyi, aku ga punya SIM sampai sekarang, so if I wanted to get away setidaknya aku perlu bayar tilang 50 ribu. Hahaha, bukan warga negara yang baik, jangan ditiru.
 
Tapi ada opsi lain menghindari cegatan; which is…lewat jalan lain. Aku tau satu jalur Moyudan-Purworejo yang lain; lewat Kaligesing. Tantangannya cuma 1; jalannya mirip kalau mau ke Dieng. Terakhir kali aku lewat sana, begitu sampai di kecamatan Kaligesing kepalaku puyeng macam orang mau mabok kendaraan. Padahal naik motor. Hahahaaaa…
Seperti perjalanan sebelumnya, jalur dari Moyudan ke arah barat memanjakanku dengan pemandangan alam yang asri. Beberapa menit saja keluar dari pondok di Sumberarum ke jalan utama, aku langsung disambut dengan hamparan perbukitan hijau dan area persawahan dengan burung-burung bangau di sana-sini. Pokoknya suasananya masih asri banget.
Ke barat lagi dan area semakin menanjak; dengan ladang tebu di kiri dan kanan jalan.
DSC_0499.JPG
Semakin ke barat medan semakin menantang. Bagi yang sudah terbiasa dengan tanjakan curam dan tikungan tajam sih, ini bukan apa-apa. Tapi seumur-umur saya mah tinggal di daerah datar dan lurus-lurus aja. Selurus huruf alif. [Masih keinget film Alif Lam Mim tempo hari]
Bagiku medan ini cukup menantang hingga aku perlu fokus konsentrasi ke jalan menanjak dan penuh tikungan, hingga perhatianku tersita papan nama obyek wisata yang nongkrong di tepi bukit. Terbaca di sana: Pesona Alam Sunrise Gunung Lanang.
Terlihat betul papan nama ini masih baru. Warnanya masih ngejreng. Dan sejauh yang aku ingat memang papan ini belum ada sewaktu terakhir kali aku lewat jalan ini beberapa bulan lalu.
DSC_0524.jpg
Aku tergoda mampir, tapi ragu. Sama sekali nggak ada orang yang jaga di pintu masuknya. Bahkan, tukang parkir pun nggak ada. Tapi ada pengendara lain yang juga berhenti di depanku; sepasang suami istri dan anaknya yang masih kecil. Langsung saja kutanya perihal tempat wisata baru ini. Eh, ternyata mereka juga nggak tau. Tepatnya, baru tau. Baru sekali itu ke tempat ini. Alamak. Sama aja kayak saya dong…
Yaudahlah, karena mereka tampaknya mau naik. Aku juga naik.
Akses naik difasilitasi dengan tangga kayu. Ada pintu masuk kecil terbuat dari bambu, nggak dikunci, tapi juga nggak dijaga.
Cuma naik sekitar 20 anak tangga, sudah ada bangku bambu tempat melihat pemandangan. Dari sana pemandangannya asooooyyy…mirip pemandangan dari Kali Biru, hamparan perbukitan hijau dan pedesaan di bawah langit biru. Eh, pagi itu berawan mendung ding! Hehehee~
DSC_0519.jpg
Dari sini, masih ada tangga naik lagi menuju gardu pandang pertama. Tangganya nggak banyak, kok. Nggak cukup bikin ngos-ngosan. Udah ada saung kecil, tempat berteduh dari panas atau hujan sembari pacaran. [Bagi yang punya pacar; atau pacarannya sama suami gih…]
DSC_0510.jpg
Sebenarnya masih ada lagi jalur menanjak ke atas. Tapi berhubung saya cuma mampir, jadi ya…cuma sampai di sini saja. Maaf kalo kualitas fotonya jelek. Cuma pake kamera HP.
Tapi ini tempat bakalan keren banget buat menikmati sunset/sunrise. Nggak perlu nanjak tangga terlalu tinggi pula. Recommended dah.
DSC_0507.jpg
How to get there: dari kota Jogja ke arah barat lewat Jl. Godean, udah lurus aja lempeng. Nanti kalau udah masuk daerah perbukitan, jalannya berkelok-kelok. Ikuti jalan utama dengan penunjuk arah jalur alternatif ke Purworejo. Dari tugu Jogja jaraknya sekitar 1,5 jam. Pastikan kendaraan dalam keadaan OK. Periksa rem sebelum berangkat.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

